Petunjuk Teknis DiGiKa

Kegiatan/Event

Last updated on 11 Mar 2023


Dapat diakses pengguna dengan role:
Administrator
KPA
BP
PPK
BPP
AdmSatker
PIC Kegiatan
Auditor
Kegiatan/Event Digika

DiGi.Ka. menggunakan data kegiatan sebagai referensi data dalam mencatat seluruh transaksi administrasi keuangan. Disamping itu, data ini juga digunakan sebagai sarana bagi pengelola keuangan/PIC Kegiatan dalam mencatat Daftar Hadir, Lapgas, Notulen atau Paparan yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Sebelum dapat digunakan, kegiatan terlebih dahulu harus dicatat oleh user dengan role PIC/AdmSatker/PPK/BP/BPP.

Jangan lupa untk mengubah Zona Waktu sesuai Satuan Kerja Anda berada. Disamping itu Anda juga dapat melakukan unggah file Jadwal, Undangan Kegiatan dan link Zoom Meeting, sehingga saat berhasil melakukan daftar kehadiran, para peserta dapat langsung melihat link Zoom atau mengunduh Jadwal kegiatan.

Catat Kegiatan Baru

Pencatatan kegiatan/event dapat dilakukan oleh seluruh satuan kerja menggunakan user dengan role yang dapat mengakses data kegiatan.
Caranya ialah sebagai berikut.

Perhatian

Anda harus login terlebih dahulu ke dalam DiGi.Ka. untuk melakukan pencatatan kegiatan

1. Klik tombol Tambah Kegiatan pada pojok kiri atas dari tabel kegiatan

Tambah Kegiatan Digika

2. Tunggu sejenak, maka akan muncul modal popup formulir seperti pada gambar di bawah ini:

Formulir Tambah Kegiatan Digika

3. Isi data pada formulir tambah kegiatan dengan petunjuk sebagai berikut:

Uraian Keterangan
Tahun Anggaran Isi dengan Tahun Anggaran berjalan/yang lalu (wajib)
Nomor Kegiatan Isi dengan Nomor Kegiatan (wajib)
Kami tidak menyarankan untuk mengubah nomor, biarkan nomor secara otomatis terisi
Image Isi dengan Gambar/Banner Promosi Kegiatan (kosongkan jika tidak ada)
Judul/ Deskripsi Isi dengan Judul/Deskripsi kegiatan (wajib)
Kategori Isi dengan Kategori kegiatan (Offline, Online atau Hybrid) (wajib)
Kota Tujuan Isi dengan Kota diselenggarakannya kegiatan (wajib)
Lokasi/ Tempat/ Kantor Isi dengan lokasi diselenggarakannya kegiatan (wajib)
Tanggal dan Jam Mulai Isi dengan Tanggal dan Jam Mulai kegiatan (wajib)
Tanggal dan Jam Selesai Isi dengan Tanggal dan Jam Selesai kegiatan (wajib)
Lama Terisi otomatis sesuai tanggal mulai dan selesai kegiatan (wajib)
Zona Waktu Isi sesuai Zona Waktu tempat diselenggarakannya kegiatan (wajib)
Link Zoom Isi dengan Link Zoom kegiatan (kosongkan jika tidak ada)
Jadwal Kegiatan Unggah Jadwal Kegiatan (kosongkan jika tidak ada)
Undangan Kegiatan Unggah Undangan Kegiatan (kosongkan jika tidak ada)
Daftar Hadir Ceklis jika kegiatan ini memerlukan Daftar Hadir (kosongkan jika tidak ada)

4. Jika data yang dimasukkan sudah cukup dan sesuai, maka klik tombol KIRIM untuk menyimpan data.

Ubah Kegiatan

1. Cari Kolom Aksi pada tabel kegiatan kemudian klik tombol UBAH untuk melakukan Ubah Kegiatan

Ubah Kegiatan Digika

2. Tunggu sejenak, maka akan muncul modal popup formulir seperti pada gambar di bawah ini:

Formulir Ubah Kegiatan Digika

Perhatian

Nomor Kegiatan tidak bisa diubah

3. Lakukan perubahan data yang diperlukan kemudian klik KIRIM untuk menyimpan data.

Hapus Kegiatan

Hapus kegiatan hanya dapat dilakukan dengan syarat:

  • Tidak ada data administrasi keuangan yang terkait dengan kegiatan tersebut

1. Cari Kolom Aksi pada tabel kegiatan kemudian klik tombol HAPUS untuk melakukan Hapus Kegiatan

Hapus Kegiatan Digika

2. Tunggu sejenak, maka akan muncul modal popup konfirmasi hapus seperti pada gambar di bawah ini:

Konfirmasi Hapus Kegiatan Digika

3. Klik tombol HAPUS untuk menghapus data kegiatan.

Cetak Data Kegiatan

1. Klik tombol CETAK pada pojok kiri bawah tabel kegiatan untuk melakukan Cetak Data Kegiatan

Cetak Kegiatan Digika

2. Tunggu sejenak, Anda akan diarahkan ke halaman pencetakan, pilih Cetak PDF untuk membuat file pdf dan Excel untuk membuat file xlsx. Klik kembali setelah melakukan pencetakan untuk menutup halaman cetak

Cetak Kegiatan Digika

Fitur Lainnya

Anda juga dapat melakukan copy link Daftar Hadir untuk di share, kemudian copy link zoom dan Cetak QR Code Daftar Hadir

Lanjutkan Juknis

Lanjutkan

Klik untuk melanjutkan membaca petunjuk teknis - Penjelasan Menu Daftar Hadir

(RC v.1.6.5) Hak Cipta © 2021-2024Biro KeuanganSekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika